Cara Membuat Donat



Cara Membuat Donat [ www.BlogApaAja.com ]



Cara Membuat Donat

ternyata sangat mudah loh. tidak sesulit apa yang kita bayangkan. Membuat donat yang enak bisa di terapkan dengan resep donat berikut :

Bahan-bahan membuat donat.

- 500 gram tepung terigu cakra kembar
- 500 gram tepung terigu segitiga biru
- 250 gram mentega
- 250 gram gula halus
- 1 sdt garam
- 1 sdm fermipan
- 1 sdm baking powder
- 4 butir kuning telur
- 2 gelas susu segar

Berikut Proses Pembuatannya

1. Buat sebuah adonan dari campuran kedua tepung terigu beda merek tersebut, baking powder, fermipan, garam. aduk semua bahan tersebut hingga rata. tujuan menggunakan 2 merek tepung terigu adalah karena kedua tepung tersebut memiliki kelebihan tekstur yang berbeda beda jadi ketika keduanya dicampur maka akan mendapatkan bahan kue yang baik, nah setelah semua sudah tercampur rata buat sebuah ruang didalam campuran itu, ruang di dalam campuran nantinya akan diisi oleh bahan lain.

2. Kocok telur yang dicampur dengan gula yang telah dipersiapkan tadi hingga mengembang. kemudian masukkan dan campurkan ke dalam campuran tepung tadi yang dibuat, masukkan adonan ke dalam ruang kemudian sedikit demi sedikit dicampur, sambil mengaduk isi dengan sedikit demi sedikit masukkan margarine, kemudian susu, jangan dicampur secara bersamaan untuk menghindari adonan jadi menggumpal. sampai semua bahan tercampur leni sampai adonan kalis

3. Adonan yang telah jadi selanjutnya di pukul-pukul datau dibanting-banting untuk mendapatkan hasil adonan yang halus.

4. Cara terakhir adalah tutup adonan dengan lap basah (jangan terlalu basah) setidaknya sampai 30 menit. setelah 30 menit kempiskan adonan dengan menekan nekan adonan. setelah jadi, ambil beberapa atau sesuai selera untuk membuat sebuah donat, jangan pula untuk memberikan lubang ditengah-tengahnya. diamkan sesaat, kemudian buat lagi sampai semuanya selesai baru di goreng dengan api yang sedang sampai kuning kecoklat-coklatan.

Sejarah Donat:
Donat adalah sebuah kue yang tidak sengaja tercipta oleh seseorang dari USA. Ada juga pendapat lain yang mengatakan awal mula donat tercipta adalah sebuah eksperimen kecil yang di lakukan oleh chef untuk mempercepat masaknya kue dengan melubangi bagian tengahnya. Ternyata tak di sangka malah membuat rasa yang baru dan enak.

Semoga cara membuat donat di atas membantu.

Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.