7 Gitaris Top Dunia Bertangan Kidal



Mungkin menjadi seorang rockstar adalah impian beberapa remaja saat ini. Bagaimana tidak, pesona seorang bintang rock dapat membuat banyak wanita tergila-gila. Apalagi seorang gitaris. Karisma dari seorang gitaris tak kalah dengan sang vokalis dalam suatu band. Bahkan tak sedikit dalam suatu band, posisi frontman dipegang oleh si pemain gitar, bukan vokalis.

Hal ini tentu saja membuat posisi pemain gitar selalu diperhatikan lebih. Namun, bagaimana dengan gitaris bertangan kidal? Nampaknya hal ini menjadi suatu keunikan tersendiri. "Kelebihan" tersebut makin menambah eksotisme pemain gitar. Penasaran dengan siapa saja gitaris dunia yang bermain gitar secara "terbalik" tersebut? Simak dalam ulasan berikut ini.




1. Kurt Cobain



Ya, tentu saja. Kurt Cobain. Pentolan grup band Nirvana ini bermain gitar tak seperti gitaris lain pada umumnya. Ia memainkan kunci gitar dengan jari-jari tangan kanan dan memainkan nada-nada distorsi gitarnya dengan tangan kiri. Bersama Krist Novoselic dan Dave Grohl, Kurt mampu menggemparkan dunia lewat lagu Smells Like Teen Spirit yang melegenda. Sayangnya Kurt harus mengakhiri hidupnya sendiri di usia muda. Memori indah dari sang gitaris kidal tak akan pernah terlupakan.




2. Albert King



Permainan gitar dari musik blues selalu memikat. Apalagi jika yang memainkannya adalah gitaris kidal. Pasti bakal semakin membuat mata terperangah dibuatnya. Albert King adalah salah satunya. Uniknya dia tidak menggunakan gitar khusus gitaris kidal. Ia menggunakan gitar pada umumnya dan hanya dibalik saja ketika menggunakannya.

Pria yang meninggal pada usia 69 tahun ini begitu dihormati oleh Eric Clapton dan Stevie Ray Vaughan. Selain itu ia juga berhasil menyejajarkan antara musik R&B dan blues. 'Sang Raja' dikenal memiliki soul yang kuat akan musik blues ala kota Memphis. Ia juga adalah gitaris blues pertama yang manggung di venue legendaris Fillmore West pada tahun 1968.




3. Toni Iommi



Toni Iommi adalah gitaris untuk band Black Sabbath. Ia dikenal sebagai gitaris yang berhasil menemukan pattern kunci gitar untuk musik heavy-metal. Maestro ini mampu menemukan kunci gitar yang gelap, pattern yang tidak biasa dan dicampur dengan nada gitar solo khas musik blues.

Musik-musik heavy metal selalu terlihat sulit untuk dimainkan. Musik ini banyak mengandalkan kecepatan jari sang gitaris. Mempelajarinya dengan tangan kiri saja sulit, bagaimana Iommi berhasil menemukannya dengan tangan kanan?




4. Jimi Hendrix



Musik rock adalah komplit. Musik keras itu dapat dihasilkan dengan perpaduan yang sempurna antar seluruh instrumen di dalam band. Namun Jimi Hendrix berpendapat lain.

kerap bermain sebagai one man show, Hendrix mampu menciptakan nuansa rock hanya dari permainan gitarnya. Kunci dasarnya adalah Hendrix mencampurkan beat liar blues dengan riff yang selalu rapi dari musik jazz, dan hasilnya adalah luar biasa. Dan perlu dicatat bahwa pria kelahiran Seatlle, Washington ini juga salah satu gitaris kidal.




5. Tim Armstrong



Beberapa musisi punk berhasil mencampurkan berbagai gaya dalam bermusik. Salah satunya adalah Tim Armstrong. Pentolan grup punk kenamaan, Rancid ini juga telah berhasil menjadi kiblat dari banyak musisi punk lainnya di dunia. Menjadikan Ramones sebagai tolak ukur bermusiknya, musisi serba bisa ini telah berhasil mencampurkan ska, punk, hardcore, hingga hip-hop ke dalam musiknya. Meskipun tidak terlalu hebat dari segi skill bermain gitar, nyatanya Armstrong juga berhasil masuk dalam jajaran gitaris kidal terbaik. Nampaknya hasil karya menjadi acuan yang lebih berharga ketimbang skill.




6. Paul McCartney



Sejatinya Paul adalah pemain bass di The Beatles. Namun tak jarang ia juga memainkan gitar di banyak lagu Beatles. Ia juga terkenal sebagai pemain bass yang paling melodius dalam sejarah musik rock. Dengan tangan kiri tentunya. Permainan gitarnya pun tak kalah mumpuni. Ia memberikan sentuhan klasik yang begitu indah pada lagu Yesterday dan Blackbird. Ia menunjukkan seakan-akan memainkan lagu dengan tangan kidal itu sama saja dan mudah.




7. Iggy Pop



Iggy sebenarnya lebih banyak dikenal sebagai vokalis band proto-punk, The Stooges. Namun dalam proyek solonya, Iggy selalu memainkan gitarnya sendiri. Selain bermain gitar, pria yang kini telah berusia 65 tahun ini juga mampu bermain keyboard dan drum sama baiknya. Salah seorang musisi yang multi talenta. Iggy Pop juga telah berhasil memasukkan nama The Stooges di Rock n Roll Hall Of Fame pada tahun 2010 lalu.

Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.