5 Keuntungan Menggunakan Sikat Gigi Elektrik



5 Keuntungan Menggunakan Sikat Gigi Elektrik [ www.BlogApaAja.com ]

Sikat gigi elektrik semakin lazim digunakanoleh sebagian orang. Sikat gigi merupakan cara terbaik untuk menjaga gigi tetapbersih dan bebas dari plak dan efek merusak. Namun hanya dengan membeli sikatgigi elektrik tidak menjamin hasil yang bagus. Maka harus tetap disiplin untukmenyikat gigi setidaknya dua kali sehari serta menggunakan teknik menyikat yangtepat.

Sikat listrik juga datang dengan berbagaifitur, seperti mode khusus untuk gigi sensitif, pijat gusi dan pemutih.Beberapa datang dengan sensor tekanan yang memungkinkan pengguna untukmengetahui apakah menyikat terlalu keras, atau fitur pengingat digital untukmenggantikan kepala sikat.

Kira-kira keuntungan apa saja yang diperolehdengan menggunakan sikat gigi elektrik?

Berikut 5 keuntungan menggunakan sikat gigielektrik seperti dikutip dari DiscoveryHealth, antara lain:

1. Membersihkan gigi lebih teliti

Sikat gigi listrik lebih baik daripada sikatgigi manual mengenai kemampuan membersihkan. Sikat gigi elektrik dapatmenghilangkan plak dengan lebih baik dan lebih cepat. Desain sikat gigielektrik memungkinkan untuk dapat mengakses area, seperti geraham palingbelakang dan garis gusi. Sehingga membantu untuk mencegah gigi berlubang danradang gusi.

2. Menghentikan kebiasaan menyikat terlalukeras

Banyak orang yang menyikat gigi terlalu kerasdan menggunakan teknik yang salah, sehingga kemudian justru menyebabkan gigiabrasi, gusi terluka dan gusi turun (resesi gusi). Menyikat terlalu keras jugadapat menghapus enamel dari permukaan gigi, menyebabkan sensitivitas terhadaprangsangan dingin, panas dan rangsangan lainnya.

Dengan sikat gigi elektrik, maka penggunahanya memegang sikat dan membiarkan putaran bulu sikat membersihkan gigi.Beberapa model sikat gigi elektrik bahkan memiliki sensor yang secara otomatisakan mengurangi daya jika mulai menyikat terlalu keras.

Sikat gigi elektrik merupakan pilihan terbaikbagi orang yang cenderung menyikat gigi terlalu keras.

3. Lebih mudah digunakan bagi orang denganmasalah motorik

American Dental Association (ADA)merekomendasikan bahwa, orang yang memiliki kondisi fisik, seperti radangsendi, mobilitas terbatas di tangan atau masalah ketangkasan manual sebaiknyamenggunakan sikat gigi elektrik. Karena orang dengan masalah motorik dapatkesulitan untuk menggunakan sikat gigi manual.

4. Sikat gigi elektrik biasanya disertai timersehingga dapat menyikat dengan waktu yang dianjurkan

Para ahli merekomendasikan dalam sekalimenyikat gigi sebaiknya dilakukan selama 2 menit, yaitu dengan menghabiskansetidaknya 30 detik di 4 sisi gigi dalam mulut. Jika menggunakan sikat gigimanual, banyak orang yang tidak memperhatikan lama waktu menyikat gigi.

5. Lebih ramah lingkungan

Sikat gigi elektrik dapat dianggap lebih ramahlingkungan, karena penggantian sikat biasanya hanya dengan mengganti kepalasikatnya saja. Sedangkan sikat gigi manual, ketika harus mengganti sikat, makaharus dibuang utuh beserta gagangnya. Namun jika telah aus, sikat gigi elektrikjuga perlu untuk mengganti gagangnya.


Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.