Kisah Ajudan Jokowi Soal Tidur Dan Makan Semeja



Sosok yang akan segera memimpin DKI Jakarta itu dikenal bersahaja, tak suka dikawal bak raja, pilih warteg daripada restoran mahal, hobi "keluyuran" ke gang-gang sempit dan pinggir sungai. Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi berusaha tidak mengaturl jarak dengan masyarakat, juga para bawahannya.

Apa itu sekedar pencitraan? Ajudan Jokowi, Hanggo, menyebut kesederhanaan itu lebih sebagai karakter bosnya. Dia menceritakan, saat bertugas di luar kota dan harus menginap di hotel, Jokowi memilih sekamar dengan para ajudan, bahkan satu ranjang. Dengan alasan berhemat dan memudahkan koordinasi.

Dan, saat menginap di hotel berbintang, alih-alih aji mumpung menyantap makanan mewah di hotel ditanggung APBD, Jokowi selalu memilih membeli makanan di luar, di kaki lima. Harga makanan hotel kelewat mahal, tak sesuai selera. "Bapak itu lebih suka makan di luar dibandingkan di restoran hotel. Kadang ngajak makan di warung nasi padang yang biasa itu," kata dia kepada VIVAnews, Sabtu, 22 September 2012.

Kisah Ajudan Jokowi Soal Tidur Dan Makan Semeja [ www.BlogApaAja.com ]

Suatu hari, Hanggo menceritakan, ia diminta Jokowi membeli makan malam. Walikota Solo itu tetap tinggal di hotel. Menunya terserah. "Ya saya belikan nasi bungkus penyetan sambel Jawa Timuran itu," kata dia.

Jokowi pun tak protes dengan pilihan itu. Menurut Hanggo, calon gubernur DKI Jakarta itu tak pernah pilih-pilih makanan. "Ya, kalau pas di Jakarta itu, ada warung kaki lima menu Sunda, ya mampir beli gitu," ujarnya.

Setiap kali makan, Jokowi selalu satu meja dengan ajudan, pengawal, maupun sopirnya. Kadang, jika sopirnya pindah meja, karena rikuh atau merasa tak enak, Jokowi malah marah-marah. "Kami dengan Pak Jokowi maupun dengan keluarganya kalau pas makan di luar pasti satu meja. Tidak boleh pisah," tambah dia.

Ada lagi satu kebiasaan unik Jokowi saat makan bersama ajudan dan sopir. Masing-masing dari mereka memilih menu makanan yang berbeda, tak boleh sama. Tujuannya, agar bisa saling icip. "Atau kami sengaja pesan banyak menu makanan. Nanti satu piring menu makanan itu dimakan bareng-bareng. Ya, kayak makan bareng keluarga," kata Hanggo. "Makanan buat Pak Jokowi juga buat ajudan dan sopir. Makannya bersama-sama." ()

Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.