5 Stasiun Kereta Tersibuk Di Dunia



Kereta merupakan alat transportasi favoritmasyarakat dunia. Banyak stasiun dijejali penumpang kereta, bahkan ada yangtembus 3,5 juta orang/hari.

Seakan tak berhenti berkembang,stasiun-stasiun sibuk ini masih terus menambah pelayanannya untuk dapatmelayani seluruh penumpangnya dengan baik. Berikut adalah 5 stasiun keretapaling sibuk di dunia menurut situs railway-technology :

Stasiun Shinjuku, Jepang



5 Stasiun Kereta Tersibuk Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Rata-rata 3,5 juta orang per hari melakukanperjalanan melalui Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang. Stasiun ini merupakanstasiun kereta tersibuk di dunia dari sisi pergerakan penumpangnya.

Shinjuku merupakan gabungan lima stasiun yakniJR-East, Odakyu Electric Railway, Keio Corporation, Tokyo Metro, dan ToeiSubway yang berfungsi sebagai penghubung antara Tokyo dengan daerah pinggiran.Stasiun ini memiliki 20 peron dan melayani 20 jalur kereta. Yang tak biasa,stasiun ini mempunyai lebih dari 200 pintu keluar sehingga tercatat di GuinnessWorld Records.

Gare du Nord, Paris



5 Stasiun Kereta Tersibuk Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Stasiun ini melayani 180 juta penumpang setiaptahunnya. Gare du Nord adalah stasiun kereta paling sibuk di Eropa berdasarkanjumlah total penumpangnya.

Stasiun yang dibuka pada tahun 1846 dandiperluas pada 1864 ini berada di peringkat kedua terbesar berdasarkan jumlahperonnya yakni 44 peron. Stasiun Gare du Nord ini menggunakan sistem transitParis Metro yang didukung sistem jalur kereta R=C3=A9seau Express R=C3=A9gional (RER),dan beberapa jalur bus.

Zurich Hauptbahnhof, Swiss



5 Stasiun Kereta Tersibuk Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Zurich Hauptbahnhof adalah stasiun tersibuk diEropa berdasarkan arus kereta per harinya. Lebih dari 2.900 kereta melewatistasiun ini. Terletak di antara sungai Sihl dan Limmat, di depan stasiun inijuga memiliki halte trem yang sibuk. Swiss menjadi pemimpin dalammengimplementasi sistem manajemen lalu lintas kereta di Eropa.

Stasiun ini memiliki fasilitas penunjuk arahyang lengkap sehingga para pelancong yang baru pertama kali datang ke stasiunini tidak kesulitan menemukan arah yang mereka cari.

Union Station, Kanada



5 Stasiun Kereta Tersibuk Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Stasiun ini melayani 250.000 penumpang setiapharinya sehingga menobatkannya sebagai stasiun tersibuk di Kanada. Berlokasi diToronto, stasiun ini memiliki lebih dari 2.000 jalur, yang menjadikannyastasiun dengan jalur paling rumit di dunia.

5 Tahun dalam proses revitalisasi menjadikanstasiun ini menjadi sangat terjangkau bagi para pejalan kaki. Bangunan stasiunjuga diintegrasikan dengan tempat perbelanjaan dan kuliner.

Stasiun Penn, AS



5 Stasiun Kereta Tersibuk Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Stasiun Pennylvania atau dikenal juga dengan namaStasiun Penn ini terletak di New York. Stasiun Penn adalah stasiun keretatersibuk di Amerika Utara dengan melayani 1.000 penumpang setiap 90 detiknya.

Stasiun yang berada di bawah tanahPennsylvania ini berada di tengah koridor timur laut, sebuah jalur keretapenumpang listrik yang mengarah ke selatan hingga Washington dan ke utarahingga Boston.

Stasiun ini masih akan diperluas untukmelayani 13 titik tambahan untuk transit jalur New Jersey dan 8 kereta Amtrakdi jam-jam sibuk. Saat ini yang dijalankan adalah 20 transit New Jersey dan 12kereta Amtrak dalam satu jam. Proyek ini ditargetkan selesai pada 2020.


Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.