20 Triliun Harta Mark Zuckerberg Lenyap Karena Saham Facebook Anjlok



20 Triliun Harta Mark Zuckerberg Lenyap Karena Saham Facebook Anjlok [ www.BlogApaAja.com ]

Nilai kekayaan Mack Zuckerberg menghilang US$ 2,2 miliar (Rp 20 triliun) akibat saham Facebook anjlok 11% di perdagangan hari keduanya. Makin menjauhi harga penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) di US$ 38 per lembar.

Pada penutupan perdagangan Senin waktu setempat, saham Facebook jatuh dan ditutup di US$ 34 per lembar, terkoreksi sekitar 11%. Sebelumnya, saham Facebook juga sempat jatuh lebih dari 13% sebelum penutupan.

Saat anjlok di posisi terdalamnya, US$ 33 per lembar (13,7%), nilai kepemilikan saham Zuckerberg di Facebook berkurang menjadi US$ 17,1 miliar.

"Jika Anda keluar (jual saham Facebook) di hari Jumat, Anda tidak perlu batalkan Lamborghini pesanan Anda itu," kata Martin Pyykkonen, Analis Wedge Partners di Greenwood Village, Colorado

"Waktu itu, saham-saham itu masih ada harganya," tambahnya. Raksasa jejaring sosial itu berhasil meraup US$ 16 miliar (Rp 144 triliun) lewat IPO, menjual 421,2 juta saham di harga US$ 38 per lembar.

Ini merupakan IPO sektor teknologi terbesar sepanjang sejarah. Sahamnya hanya naik tipis ke posisi US$ 38,23 per lembar pada penutupan perdagangan perdana akhir pekan lalu.

Dustin Moskovitz (27), salah satu orang yang membantu Zuckerberg merancang Facebook di asrama Universitas Harvard, memegang 133,7 juta saham seri B stock senilai US$ 4,5 miliar, turun US$ 580 juta dalam sehari.

Sementara Eduardo Saverin (30), teman Zuckerberg yang juga terlibat pada awal Facebook berdiri, menguasai saham senilai US$ 1,8 miliar, turun US$ 230 juta. Ia memegang 53,1 juta lembar saham Facebook.

Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.