Penyebab Ketombe Dan Cara Mengatasinya



Penyebab Ketombe Dan Cara Mengatasinya [ www.BlogApaAja.com ]
Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah ketombe

Kadang-kadang kita suka kesal kalau ada sesuatu yang mengotori rambut kita seperti ketombe. Ketombe bisa menggangu aktivitas sehari-hari karena dengan timbulnya ketombe kita tidak bisa percaya diri dan menggaruk-garuk kepala kita.

Penyebab munculnya ketombe

disebabkan jamur sangat kecil atau dikenal Malassezia

. Bakteri ini sebenarnya hidup di setiap kulit kepala. Makanan dari bakteri ini adalah minyak dan kulit kepala yang telah mati. Sebenarnya, minyak dan kulit kepala yang telah mati ini akan hilang saat Anda keramas. Tetapi, pada beberapa kondisi, bakteri tersebut tumbuh secara berlebihan.

Bakteri tersebut membuat kulit kepala Anda menjadi iritasi. Rasanya menjadi sangat gatal, bahkan kulit kepala menjadi merah. Rasa gatal akibat ketombe memang menjengkelkan, dan merusak kepercayaan diri.

Ingin menumpas ketombe, kenali ciri-ciri dan fakta tentang ketombe berikut ini:
Penyebab Ketombe Dan Cara Mengatasinya [ www.BlogApaAja.com ]
Pertama,

penyebab genetis

.

Jika ayah atau ibu Anda juga berketombe, maka Anda juga rentan terkena ketombe.

Kedua, kulit kepala berminyak

. Kondisi kulit kepala yang berminyak akan memicu pertumbuhan ketombe. Bakteri Malassezia sangat menyukai kulit kepala yang berminyak.

Ketiga, temperatur panas

. Saat berada di tempat yang panas kulit kepala Anda akan cenderung berkeringat dan berminyak. Hal itu bisa memicu tumbuhnya ketombe

.

Keempat, stres dan ketidakseimbangan hormon

. Faktor psikologis biasanya akan berpengaruh pada produksi hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala dan bisa menimbulkan ketombe.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ketombe

adalah selalu menjaga kebersihan rambut

. Keramas secara teratur

dan jangan biarkan rasa gatal selalu ada di kepala Anda. Gatal akan membuat Anda menggaruk kulit kepala dan membuatnya rontok. Hal itu malah akan memicu pertumbuhan ketombe.

Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.