Kenapa Kucing Menjilati Tubuhnya?





Berbeda dengan anjing yang suka menjilati majikannya, kucing justru akan terlihat sebih banyak menjilati tubuhnya. Mungkin anda pernah bertanya-tanya kenapa kucing melakukan hal itu. Bukankah hal tersebut justru akan membuat bulu yang rontok bisa tertelan dan mengganggu pencernaan kucing?

Penjelasan mengenai perilaku kucing tersebut adalah karena kucing merupakan hewan yang menyukai kebersihan. Anda tentu sudah tidak asing melihat kucing jalanan tanpa pemilik yang bulunya terlihat bersih padahal tidak pernah dimandikan.

Menjilati tubuh adalah cara kucing membersihkan bulunya dari kotoran, dan juga melepaskan bulu yang rontok. Struktur lidah kucing sangat kasar berbeda dengan lidah manusia. Jika anda sudah pernah dijilat kucing dan dijilat manusia anda pasti akan tahu perbandingannya.

Selain itu, air liur kucing atau saliva juga merupakan cairan pembersih yang sangat ampuh. Untuk bagian kepala dan tengkuk yang tidak terjangkau oleh jilatan, kucing akan menjilat dulu bagian telapak kakinya dan mengoleskannya ke bagian tersebut.

Karena jilatan kucing ini juga berfungsi
untuk melepaskan bulu-bulu yang rontok, maka pastilah ada helai bulu yang ikut tertelan. Namun itu bukan masalah, karena kucing dapat mengeluarkannya melalui kotoran ataupun bola bulu yang dimuntahkannya. Dan untuk mempermudah siklus tersebut, maka kucing memakan rumput.

Selain menjilati tubuhnya sendiri, kucing juga tidak segan untuk menjilati tubuh kucing yang lain. Kucing menjilati tubuh anaknya untuk menunjukkan rasa kasih sayangnya kepada anaknya tersebut. Sehingga dimungkinkan, kucing yang menjilati anda, juga ingin menunjukkan kalau dia menyayangi anda



__________


Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.