5 Saran Microsoft Agar Windows Xp Maksimal



5 Saran Microsoft Agar Windows Xp Maksimal [ www.BlogApaAja.com ]

Dari waktu ke waktu, komputer Anda akan terasa berjalan lebih lambat dari sebelunmya. Ini karena file-file di hard disk berada dalam kondisi yang acak-acakan dan daya sistem Anda dipakai oleh berbagai program. Berikut adalah 5 pekerjaan yang disarankan oleh Microsoft untuk memperoleh kinerja Windows XP yang optimal.

1. Hapus program yang tidak berguna

Hapus atau uninstall program-program yang tidak lagi Anda gunakan. Selain memakan tempat di hard disk, banyak pula program yang berjalan di belakang layar tanpa Anda ketahui dan Anda minta. Program-program seperti ini akan meningkatkan kinerja sistem jika Anda uninstall.

2. Install dan jalankan program antispyware

Hampir semua program menyertakan rutin untuk meng-uninstall-nya yang dapat dijalankan dengan mudah melalui Control Panel. Sayangnya, program-program yang mengandung spyware biasanya tidak membuatnya. Kalaupun ada, biasanya ia akan menyisakan satu ada dua program kecil yang terus menjalankan pekerjaannya memata-matai kegiatan Anda. Windows Defender (gratis) atau program antispyware lainnya dapat mendeteksi dan menghapus program-program seperti ini.

3. Bersihkan sampah di sistem Anda

Program-program tak terpakai, file cache, history, dan sejenisnya merupakan sampah yang kebanyakan tidak berguna lagi bagi Anda tapi tetap memakan tempat. Hapus semuanya dengan menjalankan Disk Cleanup Tool yang sudah tersedia di Windows XP.

1. Jalankan Windows Explorer, lalu klik kanan pada salah satu hard disk Anda dan pilih Properties.

2. Pada tab General, klik tombol Disk Cleanup. Disk Cleanup akan memeriksa kondisi hard disk Anda.

3. Setelah kotak dialog Disk Cleanup muncul, beri tanda pada jenis-jenis file yang akan Anda hapus, kemudian klik OK.

4. If you have more than one hard disk drive, repeat this process for each hard disk drive listed in My Computer.

5. Saat muncul permintaan konfirmasi, klik Yes. Disk Cleanup akan melakukan tugasnya dan menghapus file-file tersebut.

Jika Anda memiliki lebih dari satu hard disk, lakukan hal yang sama pada hard disk lainnya.

4. Defragmentasi file-file di hard disk

Jika sebuah file terfragmentasi, ia akan memakan waktu lama ketika diakses. Ini karena potongan-potongan file tersebut tersebar di berbagai bagian hard disk yang berbeda. Jika potongan-potongan file ini disatukan, akses ke file menjadi jauh lebih cepat. Itulah yang dilakukan dalam proses defragmentasi. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

1. Klik kanan hard disk Anda dan pilih Properties.

2. Masuk ke tab Tools dan klik tombol Defragment wow.

3. Program Disk Defragmenter akan muncul. Pilih hard disk Anda dan klik Defragment.

4. Program Defragmenter akan menjalankan tugasnya. Tunggu sampai selesai, kemudian lakukan lagi pada hard disk Anda yang lain.

5. Putuskan koneksi jaringan yang tak terpakai

Windows XP akan mencoba melakukan koneksi ke semua disk drive yang terdaftar, baik itu drive lokal maupun jaringan. Drive jaringan yang sedang offline atau sudah tidak ada lagi akan menghambat kerja Windows XP ketika startup. Windows Explorer dan program-program lainnya juga bisa terhambat oleh drive jaringan yang tidak online ini. Untuk mengatasinya, matikan saja koneksi jaringan yang tak terpakai ini. Caranya:

1. Jalankan Windows Explorer.

2. Klik menu Tools > Disconnect Network Drive.

3. Pilih drive jaringan yang tak terpakai, lalu klik OK. | rumpitekno

Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.