Leap Motion : Kontrol Komputer Dengan Gerakan Jari



Leap Motion : Kontrol Komputer Dengan Gerakan Jari [ www.BlogApaAja.com ]

Anda ingat Kinect? Ya, Kinect adalah platformmotion sensor besutan Microsoft yang cukup populer di konsol Xbox. Kinect dapatmendeteksi gerakan pengguna melalui sensor gerak yang tedapat pada kameraKinect.



Baru-baru ini muncul perangkat serupa denganKinect yang diklaim 100x lebih presisi dibanding Microsoft Kinect, LeapMotion.

Penggunaan Leap Motion ini memungkinkanpengguna untuk mengontrol komputer tanpa menyentuhnya, cukup menggerakan jaridi depan sensor Leap Motion.

Seperti yang dikutip dari VentureBeat, Andadapat melakukan presentasi dengan gerakan jari, pindah dari satu slide ke slidelain hanya dengan jentikan jari, canggih bukan?

Leap Motion

ini dikembangkan oleh David Holz dan MichaelBuckwald. Mereka mengembangkan perangkat mirip Microsoft Kinect namundiklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi.

Tujuan David Holz dan Michael Buckwald adalahmenggantikan fungsi keyboard dan mouse dan memungkinkan pengguna menjelajahikomputer hanya dengan gerakan jari.

Cara kerja Leap Motion adalah denganmenciptakan ruang 4 kaki kubik interaktif yang mampu mendeteksi jari, tangandan gerakan lengan.

Teknologi Leap Motion memang serupadengan Kinect, namun Leap Motion ini jauh lebih canggih dan akurat hal inikarena perbedaan metode kerja yang digunakan Kinect dengan Leap Motion.

David Holz dan Michael Buckwald mengatakanbahwa Leap Motion adalah suatu lompatan teknologi yang menguntungkan bagisistem komputer dan sistem operasi. Apa yang bisa dilakukan oleh mouse, LeapMotion dapat lakukan.

Di kantor pusat Leap Motion, terdapat beberapademo teknologi Leap Motion berupa game Fruit Ninja yang dimainkanmenggunakan Leap Motion.

Saat ini Leap Motion menerima pre-ordermulai hari senin (21/05/2012) dengan harga sekitar $69 atau sekitar 600 ribuan.

Leap Motion juga menyediakan SoftwareDevelopment Kit (SDK) untuk membantu pengembang menciptakan aplikasi atau gameberbasis Leap Motion.


Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.