Buah Miracle ( Miracle Fruits ) Perubah Rasa



Buah Miracle ( Miracle Fruits ) Perubah Rasa [ www.BlogApaAja.com ]

Buah Miracle Perubah Rasa

Sahabat permathic pernahkah sahabat permathic mendengar kata-kata miracle fruits ? ya, mungkin belum banyak orang yang mendengar buah miracle. Miracle fruit atau juga sering disebut miracle Berry mempunyai nama ilmiah Synsepalum Dulcificum, yang masih satu keluarga dengan sawo manila (keluarga Sapotaceae). Buah ini banyak di temukan di Ghana, Afrika Barat, Buah ini merupakan buah yang sangat ajaib,, kenapa ajaib ? karena buah ini bisa merubah rasa. Bahkan buah ini bisa merubah rasa jeruk nipis yang asam menjadi manis. Buah ini ketika dimakan akan terasa agak asam pada awalnya, namun lama kelamaan akan berubah manis, dan ketika kita minum air , rasanya akan manis seperti sirup. .

Namun tidak hanya afrika saja yang memiliki buah ajaib seperti itu, Indonesia dan sebagian asia tenggara juga memiliki tanaman yang hampir serupa, yaitu buah pengubah rasa, buah tersebut bernama buah marasi, dengan nama ilmiah marasi Curculigo Latifolia dari keluarga Hypoxidaeceae. Buah marasi ini memliki efek yang sama dengan buah miracle, yaitu dapat merubah rasa menjadi rasa manis. Hal itu disebabkan karena kandungan Curculin pada buah marasi. Curculin merupakan satu-satunya protein yang berasa manis. Dan dari sejak dulu orang jawa barat telah menggunakan buah marasi ini sebagai pengganti gula, bahkan sering dijadikan sebagai buah penambah tenaga. Hal ini dikarenakan rasa manisnya tersebut.

Para peneliti di institut BioInformatika dan Bioteknologi, India, kini tengah meneliti kemungkinan curculin di jadikan sebagai pemanis buatan. Harapannya kelak pemanis ini bisa dimanfaatkan untuk para penderita diabetes, obesitas dan hyperlikemia. Sebab, sebagai Protein, Curculin punya kelebihan yaitu tidak memiliki efek samping seperti sakarin yang diindikasikan memicu kanker. Wahh,, berarti selain bisa dijadikan sebagai pengganti gula, buah miracle dan marasi ini juga bisa dijadikan obat ya sahabat permathic .. gimana ? menarik bukan, informasi yang saya berikan tersebut.. jangan lupa comentnya ya...

Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.