8 Pekerjaan Manusia Yang Tak Bisa Digantikan Robot



8 Pekerjaan Manusia Yang Tak Bisa Digantikan Robot [ www.BlogApaAja.com ]

Teknologi robotik yang semakin canggih menyebabkan robot diprediksi akan mampu menggantikan berbagai pekerjaan yang dilakukan manusia.

Ini terlihat dari berbagai robot yang telah dibuat. Ada robot yang dibuat untuk mengatasi bencana, seperti memadamkan api, hingga menjadi petugas SAR yang menolong pencarian korban. Kemudian, ada robot yang bisa melakukan sejumlah aktivitas olahraga, seperti renang atau bersepeda.

Selain itu, banyak juga teknologi robotik yang digunakan untuk menjalankan sebuah restoran. Sehingga, peran koki sampai pelayan pun bisa digantikan.

Meski begitu, ada sejumlah pekerjaan manusia yang diprediksi tidak bisa digantikan robot. Mengutip laman Mashable, berikut di antaranya:

1. Psikiater atau Ahli Konsultasi


Jelas, robot tidak bisa memiliki perasaan sensitif. Ini menyebabkan tidak ada yang bisa memahami perasaan manusia atau sifat emosional lain, selain manusia itu sendiri. Empati merupakan sesuatu yang tidak bisa diprogram, dan digantikan oleh robot.

2. Bidan


Sepertinya sulit untuk memikirkan ada robot yang bertugas membantu persalinan. Sebab, proses kelahiran membutuhkan sentuhan manusiawi, yang membutuhkan kesabaran, dan bisa menuntun ibu hamil dalam proses kelahiran. Apa Anda mau proses kelahiran Anda atau istri Anda dibantu robot?

3. Dokter Umum


Dokter umum memang membuat diagnosa berdasarkan logika textbook. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira dokter umum bisa digantikan robot. Tapi robot tidak bisa melakukan konsultasi medis dengan pasien. Sebab, masalah kesehatan banyak yang bersifat pribadi, yang tentu tidak bisa disimpan dalam bank data robot, yang bisa terhapus atau dimanfaatkan untuk kepentingan yang salah.

4. Petani Organik


Saat ini, banyak aktivitas pertanian yang bisa dibantu dengan tenaga otomatis. Tapi tentu saja merawat tanaman tidak bisa dilakukan robot. Pengetahuan tradisional mengenai aktivitas pertanian pun banyak yang didapat berdasarkan pengalaman, dan tentu saja pengalaman merupakan hal yang sulit untuk diprogram.

5. Penulis


Robot mungkin bisa diprogram untuk berpikir dan menyelesaikan suatu teori matematika. Tapi, robot tidak memiliki imajinasi dan kreativitas. Ini menyebabkan penulis menjadi salah satu pekerjaan yang sulit tergantikan oleh robot.

6. Seniman


Sama seperti penulis, seniman merupakan pekerjaan yang sulit digantikan robot. Sebab robot tidak memiliki kreativitas. Tentu saja, sense seniman merupakan hal yang tidak bisa diprogram untuk dimiliki robot.

7. Pengasuh Anak


Setiap orang tua tentu tidak bisa melepas anak mereka untuk diasuh oleh robot. Selain itu, robot diperkirakan tidak akan bisa menangani sifat anak yang selalu ingin tahu. Ini sifat yang bukan tak mungkin malah menyebabkan anak mengutak-atik robot pengasuhnya hingga rusak.

8. Insinyur Robot


Jelas. Robot tidak akan berfungsi jika tidak ada insinyur yang memprogram dan mengembangkannya. Sulit membayangkan robot memprogram robot lain. Jika ini terjadi, bukan tak mungkin perang robot melawan manusia seperti di film "Terminator" akan menjadi kenyataan.*

Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.