5 Mainan Yang Baik Bagi Perkembangan Anak



Jangan sembarangan memberi mainan pada anak Anda, terutama bila mereka masih usia bayi hingga dua tahun. Berilah bayi Anda mainan yang bisa memberikan keterampilan dan mengasah kecerdasannya.

Berikut ini mainan yang baik bagi perkembangan anak seperti dikutip dari healthmeup.

5 Mainan Yang Baik Bagi Perkembangan Anak [ www.BlogApaAja.com ]

1. Blok

Blok atau balok selama ini dikenal sebagai mainan yang baik bagi perkembangan anak. Karena blok mampu meningkatkan keterampilan gerak bayi.

Umumnya blok dibuat beraneka warna agar mampu menarik perhatian bayi. Bahan pembuatnya pun beraneka ragam, dari kayu atau yang berbahan halus. Selain blok, cangkir tumpuk aneka warna juga bisa Anda berikan.

2. Baby Mobile

Baby mobile adalah mainan yang biasa digantung di boks bayi dan mengeluarkan musik. Mainan ini bermanfaat bagi bayi untuk merangsang penglihatan dan pendengarannya.

Selain itu mainan ini akan meningkatkan konsentrasi bayi dan kemampuan mengenali suara. Karena bayi berusaha menyentuh objek mainan yang bergerak berputar, maka bisa membantu merangsang kemampuan motoriknya.

3. Cermin

Bayi suka melihat bayi lain maupun diri mereka sendiri. Karena itu berikan bayi Anda cermin yang terbuat dari bahan aman. Cermin menjadi hiburan dan bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenal wajah dan keterampilan aktivitas sosial. Cermin juga baik untuk mengembangkan fokus visual.

4. Musik Mainan

Mainan yang bisa mengeluarkan musik lembut mampu mempengaruhi perkembangan otak bayi. Jadi Anda bisa memberikannya piano mainan atau menggantungkan wind chime atau genta angin di tempat tidur bayi. Sehingga bayi akan lebih rileks saat tidur, dan siapa tahu saat besar nanti dia akan menjadi musisi.

5. Bola







Bola adalah mainan favorit bayi. Berikanlah bayi Anda bola mainan berwarna cerah yang terbuat dari bahan lembut. Melempar bola bisa meningkatkan kemampuan bayi mengambil sesuatu, serta meningkatkan koordinasi fisik dan penglihatan.

Mainan yang terbuat dari bahan lembut dan memiliki aneka warna dengan desain beragam yang menarik juga bisa diberikan. Misalnya mainan berbentuk kupu-kupu atau bunga. Mainan ini akan meningkatkan kemampuan indra peraba dan kemampuan memegang sesuatu.

Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.