Tips Tangani Motor Mogok Karena Lewati Banjir



Hujan yang terus menyerbu hampir semua daerah di Ibukota sejak pagi mengakibatkan banjir terjadi di sejumlah titik. Tidak sedikit pengguna motor yang nekat menerabas genangan air yang cukup tinggi.

Kenekatan para pemotor ini harus dibayar mahal dengan mogoknya si kuda besi. Nah kalau sudah begini pastinya akan semakin menyusahkan bukan.



Mantan pembalap nasional Ahmad Jayadi, mencoba untuk berbagi tips ringan bagi Anda yang motornya mengalami mogok akibat menerjang banjir. Berikut ringkasannya:

1. Yang paling sederhana untuk dilakukan adalah membuka busi lalu mengeringkannya. Chop (tutup) busi juga dikeringkan agar busi dapat memantikkan api dengan sempurna

2. Biasanya saat motor mogok sewaktu banjir, air akan masuk lewat lubang knalpot. Minta bantuan teman atau pengendara lain untuk mengangkat roda depan agar air yang terdapat di knalpot dapat keluar

3. Buang bensin yang berada di mangkuk karburator dengan cara membuka skrup pembuangan agar bensin yang tercampur air terbuang.

4. Jangan langsung dihidupkan. Alangkah baiknya memeriksa kondisi kelistrikan lebih dahulu. Hal ini agar sistem kelistrikan tidak rusak dan pastikan semua dalam kondisi kering.

Jika masih tidak bisa dihidupkan, pemilik bengkel AHASS Jayadi Motor ini menyarankan untuk membawa motor menuju bengkel terdekat untuk diperbaiki. Pembesut Honda BeAT ini juga menyarankan untuk mengganti filter udara jika memang terendam air.

Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.