Manfaat Tidur Telentang



Manfaat Tidur Telentang [ www.BlogApaAja.com ]

Menurut dokter Muki Pratono, Sp.OT, Spesialis Bedah Tulang dari RumahSakit Puri Indah, penyebab nyeri pinggang dibagi dua: akut dan kronik. Akut,biasanya rentan terjadi di daerah lumbal, yaitu bagian bawah punggung yangterdiri atas lima tulang kecil (vertebra). Daerah tersebut paling elastis danmenyangga berat badan atas manusia serta beban yang berasal dari benda yangdibawa. Besarnya beban yang diterima bantalan lumbal bergantung pada posisiberdiri, duduk, hingga tidur.

Banyak yang tidak menyadari, duduk terlalu lama dapat menyebabkan nyeripinggang karena menganggap posisi duduk dapat mengistirahatkan badan. Padahalsaat itu tulang membawa beban lebih berat dibanding berdiri. Beban yang diterima oleh bantalan lumbal pada saatseseorang duduk tegap adalah 150 kg, bandingkan dengan 100 kg beban yangditerima pada saat berdiri. "Kalau bekerja di depan komputer dan selalu duduklama, sesekali dalam setiap jam berdiri dan berjalan-jalan untuk merenggangkanotot dan mengistirahatkan tulang belakang," tutur dokter Muki.

Posisi yang paling santai untuk tulang belakang adalah tiduran telentang- dan ganjal bawah lutut dengan bantal - yang hanya mengangkat beban tekananseberat 25 kg. Sementara pada posisi tidur miring membawa 75 kg beban bagitulang belakang.

Jika tulang belakang terasa nyeri, coba istirahatkan dengan tidurtelentang. Pilih kasur yang agak keras. Anda juga dapat melakukan olahragaseperti berenang, yoga dan pilates dengan konsentrasi di area tulang belakang,pakai korset secara tepat, atau menjalani pola hidup sehat. Sedangkan nyeripinggang kronik karena daerah non-lumbal seperti gangguan usus, ginjal,infeksi, tumor, hingga penyakit pada organ reproduksi wanita.

: Vemale


Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.