Inilah Fakta-fakta Yang "aneh Tapi Nyata" Tentang Friday The 13th



Inilah Fakta-Fakta yang "Aneh Tapi Nyata"


Tentang Friday The 13th





Hari Jumat tanggal 13 pada bulan apa pun dan tahun berapa pun dipercaya sebagai hari sial. Ini adalah takhayul di negara Barat seperti Britania Raya dan Amerika Serikat. Inilah fakta-fakta tentang Friday The 13th.

1. Di tahun 2012, terdapat tiga kali Jumat tanggal 13 yaitu 13 Januari, 13 April, dan terakhir 13 Juli. Dengan jeda waktu antara tanggal tersebut masing-masing persis 13 minggu. Hal ini belum pernah terjadi sejak tahun 1984.

2. Jika tanggal ini membuat panik, cemas, dan takut, ini artinya Anda menderita apa yang dinamakan paraskavedekatriaphobia atau friggatriskaidekaphobia. Itu merupakan istilah ilmiah bagi perasaan takut pada Jumat tanggal 13. Triskaidekaphobia adalah sebuah bentuk ketakutakan akan tanggal 13.

3. Hingga kini, tidak jelas asal muasal mengapa hari Jumat yang jatuh tepat pada tanggal 13 dikaitkan dengan nasib buruk. Beberapa mengaitkan dengan Alkitab, di mana tertulis tamu ke 13 yang datang pada Perjamuan Terakhir mengkhianati Yesus. Penyalibannya, pada hari berikut, jatuh pada hari Jumat.

Pendapat lain menyebutkan tanggal 13 diidentikkan dengan suatu kegagalan, kesialan, atau bahkan penderitaan karena datangnya setelah tanggal 12. Di mana pada tanggal tersebut dianggap lebih menyenangkan. Angka 12 juga banyak djadikan bilangan hitungan seperti 12 zodiak, 12 dewa Gunung Olympus, 12 buruh Hercules, 12 suku Israel, 12 rasul (murid) Yesus.

4. Apapun alasannya, persepsi sial pada Jumat tanggal 13 telah terbentuk dan menyebar luas di masyarakat. Bahkan hotel dan rumah sakit sering melewatkan lantai atau kamar 13. Bahkan beberapa bandara terkadang menghilangkan gerbang 13.

5. Tahun selanjutnya di mana kita akan mengalami tiga kali Jumat tanggal 13 adalah pada tahun 2015, yang jatuh pada bulan Februari, Maret, dan November.

6. Pada 13 Oktober 1907, pasukan Raja Philip IV dari Perancis menyerbu ribuan rumah tentara Perang Salib, lalu memenjarakan mereka atas tuduhan kegiatan ilegal. Meskipun tuduhan itu tidak terbukti, lebih dari seratus orang disiksa dengan keji.

7. Tahukan Anda, jika tokoh thriller Alfred Hitchcock lahir pada Jumat tanggal 13. Di mana pada Jumat, 13 Agustus 1999, merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Hitchcock juga memproduksi sebuah film berjudul "Number 13" dan berperan sebagai sutradara. Film ini gagal melakukan adegan pertama dan berakhir karena masalah keuangan.

Tokoh besar dunia lainnya, mantan Presiden Kuba Fidel Castro juga lahir pada Jumat tanggal 13. Tepatnya 13 Agustus 1926.

8. Mengapa berbagai tahayul mengenai Jumat tanggal 13 begitu lekat di pikiran kita? Thomas Gilovich, Ketua Departemen Psikologi Cornell University mengungkapkan, otak kita terlalu baik untuk membuat suatu asosiasi.

9. Bagi orang yang atheis, angka 13 merupakan angka keberuntungan. Hal ini sesuai dengan jumlah bulan purnama dalam setahun.

10. Konon, mantan Presiden AS Franklin D. Roosevelt menghindari melakukan perjalanan pada tanggal 13 dalam bulan apa pun. Ia juga tidak pernah mau menjadi tamu yang ke-13 dalam sebuah jamuan makan. Napoleon Bonaparte dan mantan Presiden Herbert Hoover kabarnya juga mengalami triskaidekaphobic, yakni ketakutan berlebih pada angka 13.

11. Penulis ternama AS, Mark Twain, pernah menjadi tamu ke-13 dalam sebuah jamuan makan malam. Seorang teman memperingatkannya untuk tidak pergi. "Itu adalah nasib buruk. Mereka hanya memiliki menu untuk 12 orang," kata Twain kemudian pada temannya.

12. Broker saham dan penulis Thomas W. Lawson pada tahun 1907, dalam novelnya yang berjudul Friday the Thirteenth, mencatat para pialang saham untuk mengambil saham Wall Street pada hari tersial dalam bulan tertentu.

13. Menurut Stress Management Center and Phobia Institute, Nasheville, AS, ternyata ketakutan akan hari Jumat tanggal 13 dijadikan sebuah bisnis serius. Berbagai bisnis ditawarkan mulai dari terapi yang membantu mengatasi ketakutan mereka terhadap freaky friday.

Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.