Cara Atasi Stress Berat Dalam 14 Hari



Cara Atasi Stress Berat Dalam 14 Hari [ www.BlogApaAja.com ]

Apakah Anda pernah merasa kewalahan menghadapimasalah dan tekanan pekerjaan di kantor? Jika tidak segera diatasi, Anda akanmengalami stres yang dapat berakibat terhadap gangguan depresi.



Untuk mengatasi stres, Anda dapat memetakansolusinya dengan melakukan langkah relaksasi selama dua minggu. Berikut langkahmengatasi stres dalam 14 hari seperti dikutip dari foxnews, yaitu:

Hari 1: Menuliskan apa yang mengganggu pikiranAnda



Ketika hambatan muncul, tanyakan pada diriAnda sendiri bagaimana dampak dari masalah tersebut dalam jangka panjang.Tuliskan apa masalah yang ada di pikiran Anda atau perlunya mengubah situasipada masalah tersebut. Menuliskan rincian langkah-langkah yang harus diambil,kemudian membuat rencana tindakan yang konkrit merupakan langkah awal yangtepat untuk mengatasi stres.

Hari 2: Membuat daftar bantuan



Buatlah daftar orang-orang yang mampumendukung Anda untuk dimintai saran dan bantuan dalam keadaan darurat. Andamungkin akan menyadari bahwa Anda memiliki banyak orang yang dapat mendukungAnda secara emosional maupun dari segi keuangan yang mungkin menjadi masalahyang membebani Anda. Dengan mengetahui bahwa banyak orang yang mendukung Andadapat mengurangi efek stres dan membuat Anda merasa lebih tangguh.

Hari 3: Menanam tanaman



Merawat tanaman hijau dapat memiliki efekpositif pada kesejahteraan pikiran Anda. Sebuah penelitian baru terhadap pasienpenyakit jantung yang diberikan terapi tanaman hortikultura, menunjukkanpenurunan risiko penyakit jantung dan membaiknya suasana hati. Berkebun dapatmembantu menggeser fokus diri dari stres dalam hidup Anda dan memberikan efekmenenangkan.

Hari 4: Minum teh



Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwasecara teratur minum teh hitam bisa menurunkan kadar hormon stres dan mendorongperasaan relaksasi. Tetapi perhatikan juga berapa banyak kafein yang Anda minumsebelum tidur agar Anda tetap dapat tidur dengan nyenyak.

Hari 5: Relaksasi dengan pijatan



Ketika Anda sedang berada di mall atau saatmenunggu kereta di stasiun, cobalah untuk duduk di kursi pijat selama 15 menituntuk menenangkan saraf. Atau tempatkan tangan kiri Anda di depan Anda, telapaktangan menghadap ke atas, pijat titik berdaging antara ibu jari kiri dan jaritelunjuk dengan ibu jari tangan kanan Anda dalam gerakan melingkarperlahan-lahan.

Hari 6: Memainkan permainan online di internet



Menurut penelitian dari East CarolinaUniversity, di Greenville, North Carolina bahwa bermain teka-teki online,seperti solitaire atau sudoku, dapat mengurangi stres dan memperbaiki suasanahati.

Hari 7: Memuji diri sendiri



Berfokus dan bersyukur atas apa yang Andamiliki sekarang ini dapat menyurutkan stres. Rasa syukur akan menjadi obatpikiran yang alami.

Hari 8: Pikirkan merah muda



Warna merah muda telah telah terbukti memilikiefek menenangkan sementara, yang sebenarnya dapat menurunkan tekanan darah.Gunakan wallpaper berwarna pink cerah di desktop komputer Anda atau menempelkanmemo yang Anda tulis di kertas berwarna pink di kulkas atau dinding rumah Anda.

Hari 9: Matikan TV



Berita tentang politik atau tindakan kriminaldi TV dapat membuat Anda merasa cemas ketika Anda sudah berada dalam kondisistres. Siaran TV tersebut dapat memberikan pukulan pada Anda dengan rangsanganvisual.

Hari 10: Ganti rute perjalanan Anda



Jalanan menuju kantor yang Anda lewati setiaphari mungkin sudah terlalu padat kendaraan yang membuat Anda semakin stres.Cobalah memilih rute jalan lain yang ditumbuhi pepohonan. Sebuah studimenunjukkan bahwa rasa frustrasi akan sedikit mereda jika Anda bepergian dijalan-jalan dengan pemandangan yang asri.

Hari 11: Menggerakkan bagian tubuh Anda



Beberapa kali sehari, gerakkan seluruh tubuhAnda dari atas ke bawah dengan fokus pada daerah yang paling rentan terhadapstres yang berhubungan dengan ketegangan otot. Lakukan gerakan untuk melemaskanotot-otot di dahi, mata, bibir, lidah, rahang, punggung bawah, dan jari kaki.

Hari 12: Berhenti berpikiran buruk



Pikiran negatif dapat memicu stres. Jadi,pandanglah suatu suatu dari sisi positifnya terlebih dahulu. Kemudian ambilnapas dalam-dalam dan putuskan apakah Anda perlu berkutat pada hal-hal yangnegatif dari situasi tersebut.

Hari 13: Meminta bantuan teman



Anda mungkin akan merasakan beban yang terlalumenumpuk jika Anda menyimpan masalah Anda sendiri. Ceritakan dan mintalahbantuan kepada teman dekat yang Anda percayai.

Hari 14: Tertawalah



Penelitian telah menemukan bahwa hormonendorfin yang dilepaskan saat Anda tertawa dapat memperbaiki suasana hati.Tontonlah acara komedi di TV agar stres yang Anda alami memudar seiring denganmembaiknya suasana hati Anda.

: detik

Follow On Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.