Tanda-tanda Orang Kekurangan Zat Besi



Tanda-tanda Orang Kekurangan Zat Besi [ www.BlogApaAja.com ]

Jika sering merasa lemah dan lesu, mungkin itu disebabkan karena Anda mengalami defisiensi zat besi. Zat besi penting bagi tubuh untuk mengangkut oksigen dan elektron yang digunakan untuk pembentukan energi.

Berikut 4 tanda kekurangan zat besi yang paling umum, seperti dilansir dari mindbodygreen, Jumat (22/6/2012) meliputi:

1. Kelelahan yang ekstrem

Setelah seharian beraktivitas, orang yang kekurangan zat besi akan merasa kelelahan. Anda juga akan merasa bahwa tulang-tulang Anda begitu lemah untuk digerakkan dan seperti tidak bertenaga.

2. Sesak napas

Karena zat besi berfungsi untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, penderita defisiensi zat besi akan merasa sesak napas karena kurangnya suplai oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh lainnya.

3. Sakit kepala

Kurangnya suplai oksigen di otak juga dapat menyebabkan sakit kepala yang sering.

4. Amenore

Amenore adalah suatu kondisi dimana periode menstruasi Anda tidak teratur atau tidak mendapatkan menstruasi hingga beberapa periode.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda perlu mengonsumsi suplemen zat besi. Anda juga perlu menambah asupan makanan yang mengandung zat besi secara alami.

Makanan yang kaya akan kandungan zat besi antara lain, seperti bayam, kacang kedelai, tahu, buncis atau kacang panjang. Rekomendasi umum asupan zat besi setiap harinya bagi wanita usia 18-50 tahun adalah sebanyak 18 mg.

Satu porsi sayur bayam hanya dapat memenuhi kebutuhan zat besi Anda sebanyak 6 mg. Oleh karena itu Anda perlu melengkapi pola makan 3 kali sehari Anda dengan konsumsi sayuran, selain itu Anda juga dapat mengambil suplemen zat besi.


Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.