Citarum, Sungai Paling Tercemar Di Dunia



Citarum, Sungai Paling Tercemar Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Berkembangnya industrialisasi yang menyebabkan pencemaran lingkungan mengubah penampilan beberapa sungai di dunia menjadi sebuah sarang penyakit dan tak lagi memberikan manfaat bagi manusia. Keberadaan tiga sungai berikut misalnya, disebut-sebut sebagai yang paling kotor di bumi ini. Sungai-sungai ini sudah tak layak lagi untuk didatangi, apalagi untuk menjadi habitat berbagai flora dan fauna!

Berikut 3 sungai paling tercemar di dunia berdasarkan situs Best Reviewer, Selasa (31/7):

1. Sungai Citarum, Indonesia

Citarum, Sungai Paling Tercemar Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat. Selain untuk pertanian, air Sungai Citarum juga digunakan untuk berbagai keperluan industri dan PLTA. Sayangnya, industri ini pula yang jadi salah satu penyebab tercemarnya Sungai Citarum. Setiap hari, masyarakat membuang ratusan ton limbah ternak ke sungai tersebut.Tak heran Citarum menyandang sebagai sungai paling tercemar di dunia. Namun tanpa ada kesadaran, masyarakat juga masih memanfaatkannya untuk mandi dan memasak.

2. Sungai Yamuna, India

Citarum, Sungai Paling Tercemar Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Sungai Yamuna terletak di sebelah utara India. Pada 1909, air sungai ini tergolong sebagai "biru jernih", namun akibat pertumbuhan populasi dan industrialisasi, Yamuna menjadi salah satu sungai paling tercemar di dunia. Sungai ini jadi "tong" bagi 58% sampah di New Delhi! upaya pemerintah kota tersebut sudah untuk membuat Yamuna kembali bersih tak berhasil.

3. Sungai Buriganga, Bangladesh

Citarum, Sungai Paling Tercemar Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Buriganga adalah sungai yang berada di Kota Dhaka. Sungai ini berfungsi sebagai jalur transportasi air antar kota di Bangladesh. Namun, sekarang Sungai Buriganga tercemar parah. Penyebab utamanya adalah polusi yang terdiri dari limbah kimia, plastik, minyak, sampai limbah rumah tangga. Kota Dhaka mengeluarkan ribuan ton sampah per harinya, dan mayoritas sampah dibuang ke Buriganga!




Follow On Twitter

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.